Ukuran Instagram Stories supaya bisa Keren Maksimal

Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang paling populer saat ini. Salah satu fiturnya, instagram stories menjadi yang paling banyak digunakan.

Fitur ini diketahui telah mencapai rekor hingga 500 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia yang berhasil membuktikan dua hal penting, yaitu stories menjadi fitur terpenting bagi instagram saat ini dan pengguna menyukai saat menggunakan fitur ini.

Sekedar informasi untuk pembaca idcode.id, pada tahun 2021 ada sekitar 58 persen orang yang mengatakan kalau mereka menjadi lebih tertarik pada suatu produk/merek usai melihatnya di instagram story.

Namun untuk saat ini kita akan lebih membahas tentang ukuran instagram stories terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Semoga saja artikel dari idcode.id ini bisa membantu kamu memahami lebih baik tentang sejumlah hal di balik fitur instagram stories dan cara memanfaatkannya secara jelas.

Berapa Ukuran Instagram Story

Langsung saja, ukuran instagram stories yang disarankan adalah ‘1080 x 1920‘ piksel. Adapun untuk gambar dan video yang kamu posting di sini akan mempunyai aspek rasio 9 : 16.

Sedangkan untuk format yang diterima oleh instagram adalah jpg dan png untuk gambar, lalu untuk video adalah mp4 dan mov.

Instagram sendiri diketahui sangat ketat untuk menyikapi ukuran gambar atau video yang kamu posting. Jadi, kalau kamu ingin mengunggah foto atau video yang ukurannya tidak sesuai, maka visual dari konten milikmu akan dipaksa potong atau bisa diperbesar supaya bisa ‘fit‘ dengan ukuran yang telah ditentukan.

Kalau hal ini terjadi, maka bisa menurunkan kualitas gambar atau video yang kamu unggah ketika memotong atau memperbesarnya. Ini sangat tidak dianjurkan!

Pada waktu mengunggah video, durasi instagram stories yang diperbolehkan hanyalah 15 detik saja, sedangkan untuk gambar akan tertahan selama 5 detik sebelum melanjutkan ke slide berikutnya.

Ketika membuat instagram stories, kamu juga perlu mengetahui tentang adanya ‘The Safe Zone‘ atau zona aman. Apa sih maksudnya?

Pembaca idcode.id harus mengetahui kalau di dalam pengunggahan tetap ada zona aman yang bisa terlihat secara penuh tanpa terganggu elemen lain, misalnya seperti nama yang tertera pada atas layar atau opsi kirim pesan yang terletak di bawah.

Pada gambar di bawah, kamu bisa lihat bahwa gambar sudah mengambil posisi ‘tengah‘. Tapi kamu bisa lihat pada bagian atasnya adalah tempat di mana nama akun kamu akan terlihat. 

Ukuran instagram story

Apabila kamu mempunyai informasi penting, maka tidak boleh meletakkannya pada bagian atas situ ya. Sedangkan ini adalah untuk zona aman pada bagian sampingnya. Tidak terlalu masalah sih kalau yang di sini.

Size untuk instagram story

Kalau yang ini merupakan zona aman pada bagian bawah, tempat orang bisa mengirimkan pesan ke akun instagram milikmu. Dilarang meletakkan informasi pada bagian bawah situ ya.

Jadi, untuk area aman dari konten instagram stories adalah ‘1080 x 1420‘ piksel. Ketika kamu melakukan pengunggahan gambar atau video, maka harus bisa memperhatikan zona aman ini agar konten tidak tertutupi.

Kalau dirangkum, maka ukuran instagram stories adalah:

  • Ukuran tinggi 1920 dan lebar 1080 piksel
  • Ukuran zona aman, tinggi 1420 dan lebar 1080 piksel
  • Aspek rasio 9:16
  • Lebar minimum: 500 piksel

Apa pentingnya instagram stories?

Fitur dari instagram stories memungkinkan kamu untuk bisa berbagi foto, boomerang, atau video yang dilihat dalam kurun waktu 24 jam sebelum menghilang.

Kalau kamu ingin menyimpan sejumlah cerita hingga pengikut baru bisa menontonnya dalam jangka waktu lama, maka kamu bisa menyimpan di bagian ‘sorotan’.

Ini adalah sejumlah alasan penting kenapa instagram stories sangat penting, terutama untuk bisnis:

1. Basis pengguna aktif dan menarik

Fitur dari instagram ini mempunyai dampak yang sangat tinggi terhadap hubungan antara audiens dengan kamu pada tingkat yang lebih dalam.

2. Pengujian ide baru yang kreatif

Oleh karena stories bisa terhapus secara otomatis setelah 24 jam, maka ini memungkinkan kamu untuk menjadi kreatif dengan menguji ide-ide baru untuk melihat, apakah itu bisa berhasil atau tidak untuk followers kamu.

Apalagi dengan banyaknya aplikasi editor yang bisa menunjang pembuatan konten bisa menjadi variatif dari waktu ke waktu.

3. Mengasyikkan

Ada banyak fitur yang bisa kita gunakan dengan memakai instagram stories. Misalnya seperti stiker terbaru, filter, kreasi, dan lain sebagainya.

Kamu bisa membuat sebuah stories yang paling unik hingga menarik perhatian dari followers.

4. Improvisasi

Dengan membuat instagram stories yang unik, kamu bisa membuat akun milikmu jadi lebih mudah untuk ditemukan oleh orang lain. Tagar yang ada di instagram pun juga bisa kamu gunakan untuk membantu orang bisa menemukan akun milikmu.

Latihan untuk mengunggah Instagram Stories

Buffer telah melakukan penelitian tentang analisa 20 ribu instagram stories dari merek-merek top yang ada di dunia. Usai melihat lebih dalam ke data yang ditemukan, mereka mendapatkan sejumlah poin penting yang diantaranya adalah:

1. Best stories harus menjadi paling depan

Penelitian mengatakan bahwa kalau frame pertama sudah tidak menarik minat dari audiense, maka orang akan cenderung mengabaikannya.

2. Konsistensi

Oleh karena ini adalah jejaring sosial media, kamu harus melakukan sesuatu dengan konsisten. Mereka akan melihat promosi yang kamu lakukan dan bisa menjadi kesukaan kalau kamu terus mengunggahnya secara terus-menerus.

3. Value

Tidak hanya menarik dan konsisten mengunggahnya, apa yang kamu unggah juga tetap harus mengutamakan value. Kamu harus memberikan manfaat yang didapatkan oleh audiens. Minimal informasi yang berguna bagi mereka.

Leave a Comment