Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Tahukah kamu bahwa sebenarnya untuk baterai laptop itu mempunyai tingkat kesehatan yang harus diperhatikan. Tentu saja kamu pernah mengetahui tentang bagaimana baterai laptop cepat habis, padahal baru saja dilakukan charge sampai penuh.

Kejadian seperti inilah yang dipengaruhi oleh ‘Battery Health‘ yang harus diketahui oleh pengguna agar tidak selalu bocor saat charging.

Tentu saja akan sangat mengganggu ketika kita mempunyai baterai laptop yang cepat habis. Terutama bagi kamu yang suka beraktivitas dengan laptop di luar rumah/kantor.

Bukan perkara mudah lho untuk bisa mendapatkan colokan di tempat umum. Walaupun bisa menemukannya, tetap saja akan merepotkan.

Kali ini, idcode.id akan memberikan sejumlah perintah sederhana yang kemudian kamu bisa menciptakan file HTML berisikan penggunaan baterai, riwayat kapasitas, dan perkiraan masa pakainya.

Kalau perlu penanganan lebih lanjut, maka laporan sederhana ini akan bisa memberitahu kamu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti kondisi baterai tidak bisa diselamatkan lagi, alias kamu harus membeli yang baru.

Cara cek kesehatan baterai laptop
Cara cek kesehatan baterai laptop

Membuat Laporan Baterai di PowerShell

Kamu bisa melakukan pembuatan laporan baterai lewat Windows PowerShell. Alat baris perintah bawaan windows yang mungkin belum pernah kamu pakai sebelumnya.

Padahal sangat mudah lho untuk menggunakannya. Kamu hanya perlu melakukan klik kanan pada ikon ‘Start‘, kemudian pilih ‘Windows PowerShell‘ dari menu yang muncul.

Nanti akan muncul jendela pop-up yang mungkin kalau secara spontan muncul, biasanya akan kamu close tanpa mau melihatnya, apa itu gerangan?

Kalau ada permintaan izin untuk penggunaan aplikasi, kamu bisa langsung menekan tombol, ‘Iya’.

Perintah cek kesehatan baterai laptop
Perintah cek kesehatan baterai laptop

Mulai membuat Perintah

Jendela perintah di PowerShell akan muncul dengan warna biru sebagai latar belakangnya. Kamu bisa langsung memasukkan perintah untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu yang ada di dalam Windows 10. 

Pembaca idcode.id tidak usah kebingungan. Kamu hanya perlu ketik atau salin-tempel (copy-paste) perintah di bawah ini:

powercfg /batteryreport /output “C:\battery-report.html”

Kamu bisa menekan ‘Enter‘ untuk menjalankan perintahnya.

Nantinya, PowerShell akan memberitahu kamu untuk nama file HTML laporan tentang masa pakai baterai yang dihasilkan serta di mana lokasi file itu disimpan pada komputer milikmu. 

Dalam hal ini, namanya adalah ‘battery-report.html‘ dan sudah disimpan ke dalam driver C. Setelah ini, kamu bisa menutup PowerShell.

Battery Health
Battery Health

Bagaimana cara Melihat Laporan ‘Battery Health’

Kalau kamu ingin melihat isi dari laporan kesehatan, maka bisa langsung buka Windows File Explorer, masuk ke akses drive C. Nanti di sana kamu akan menemukan laporan tentang masa pakai baterai dengan file yang disimpan dalam bentuk HTML.

Silakan buka file HTML tersebut, klik dua kali atau klik kanan lalu pilih ‘Open‘. 

Laporan ini akan memberikan penjelasan detail tentang kesehatan baterai laptop milikmu. Seberapa baik kinerjanya, serta berapa lama daya tahannya. Lalu, pada bagian atas laporan kamu bisa melihat informasi dasar tentang komputer milikmu.

Datanya akan juga diikuti dengan spesifikasi baterai yang kamu gunakan. 

Pada bagian ‘Recent usage‘, catat setiap kali laptop menggunakan daya baterai atau tersambung ke daya AC. Nantinya akan terlacak dalam 3 hari terakhir pada bagian ‘Battery Usage‘.  Kamu juga bisa mendapatkan riwayat lengkap tentang penggunaan baterai di bagian ‘Usage History‘. 

Recent usage battery
Recent usage battery

Masuk ke bagian ‘Battery capacity history‘, kamu bisa melihat tentang bagaimana kapasitas baterai sudah berubah dari waktu ke waktu.

Di sebelah kanan merupakan ‘Design Capacity‘, yaitu berapa banyak baterai yang masih bisa untuk ditangani. Sedangkan untuk sebelah kiri, kamu bisa melihat tentang kapasitas pengisian penuh baterai laptop yang bisa dicapai saat ini.

Pada bagian ini, biasanya angka akan turun secara pasti dengan seiring perjalananya waktu. Terutama saat kamu sering menggunakan perangkat. 

Selanjutnya kita akan masuk ke dalam perkiraan masa pakai baterai laptop. Pada bagian kanan, kamu akan melihat sejumlah angka yang menjelaskan berapa lama baterai akan bertahan sesuai dengan ‘design capacity‘.

Sedangkan untuk di sebelah kiri, kamu akan melihat berapa lama baterai itu akan benar-benar bertahan saat digunakan. Perkiraan masa pakai baterai terakhir saat ini ada di bagian bawah laporan. 

Kesehatan baterai laptop
Kesehatan baterai laptop

Dalam laporan ini, laptop Saya akan bertahan pada 6:02:03 untuk ‘design capacity‘ sedangkan untuk sisi lainnya hanya bertahan dalam kurun waktu 4:52:44.

Itulah tadi cara mudah bagaimana kamu bisa melakukan pemeriksaan ‘battery health’ laptop milikmu yang bisa idcode.id berikan. Semoga saja hasilnya baik ya! (idcode.id/atta)

Leave a Comment