Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone

Perlu menelisik sedikit ke belakang saat Apple ketahuan dan mengakui bahwa kesehatan di dalam produknya, iPhone telah menurun. Perusahaan pun kemudian memutuskan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Apple meluncurkan fitur kesehatan baterai ke iPhone. Di sini, pengguna bisa mengetahui seberapa baik atau buruknya kinerja dari baterai iPhone yang dimiliki.

Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai. Saat ini, alat pemeriksaan kesehatan baterai sudah ada juga di Apple Watch dan MacOS.

Baterai iPhone
Baterai iPhone

Cara Mengetahui Kesehatan Baterai iPhone

Kali ini idcode.id akan memberikan cara untuk mengetahui kesehatan baterai iPhone dengan mudah. Kamu bisa mendapatkan informasi pasti mengenai seberapa baik atau buruk kinerja baterai iPhone milikmu.

  1. Ambil iPhone milikmu, buka lalu pilih opsi ‘Pengaturan/Setting
  2. Gulirkan ke bawah lalu pilih ‘Baterai/Battery
  3. Ketuk opsi ‘Kesehatan Baterai/Battery Health‘ yang nantinya kamu akan menemukan laporan terperinci tentang persentase kesehatan baterai iPhone kamu
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan saran agar bisa melakukan sesuatu untuk meningkatkan kinerja dari baterai

Kalau saran yang berdasarkan analisa menunjukkan bahwa kamu perlu mengganti baterai yang baru, maka segera lakukanlah. Ini karena akan mengganggu perangkat lunak yang ada di iPhone. Kinerjanya akan diperlambat dengan kesehatan iPhone yang tidak baik.

Walaupun harus merogoh kocek yang cukup besar, tapi ini sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya. Jangan menunda-nunda! 

Proses pengisian baterai iPhone
Proses pengisian baterai iPhone

Pentingnya Kesehatan Baterai

iPhone milikmu dirancang untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Hal ini hanya mungkin terjadi jika kamu mempunyai kesehatan baterai yang optimal.

Baterai menjadi salah satu komponen paling penting untuk pengalaman terbaik kamu dalam menggunakan iPhone. Jadi, baterai adalah sesuatu yang harus kamu jaga dan perhatikan.

Baterai merupakan teknologi yang kompleks dengan sejumlah variabel dengan kontribusi pada kinerja yang saling terkait antara baterai itu sendiri dan teknologi di dalam iPhone.

Perlu untuk diketahui bahwa setiap baterai isi ulang maka akan mempunyai batas waktu pemakaian yang tidak bisa digunakan sepanjang waktu. Terdapat batasan waktu yang mengatakan bahwa kamu harus mengganti baterai tersebut.

Kapasitas dan kinerja sebuah baterai akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Ini mirip seperti usia kita yang selalu bertambah.

Usia baterai akan sangat berkontribusi pada perubahan kinerja iPhone milik kamu. Oleh karena itulah, kamu perlu memperhatikan kesehatan baterai iPhonemu.

Baterai dengan teknologi lithium-ion
Baterai dengan teknologi lithium-ion

Teknologi Baterai iPhone

iPhone menggunakan teknologi ‘lithium-ion’ untuk baterainya. Jika dibandingkan dengan teknologi baterai generasi lama, baterai dengan teknologi ini mengisi daya dengan jauh lebih cepat, tahan lebih lama, dan punya kepadatan daya yang lebih tinggi untuk masa pakai baterai yang lebih lama dengan kemasan lebih ringan.

Saat ini, teknologi lithium-ion menyediakan update yang terbaik untuk perangkat iPhone milikmu. Kenapa Apple memilih teknologi ini? Berikut ini penjelasannya!

Jika dibandingkan dengan teknologi baterai yang usang, baterai dengan kecanggihan lithium-ion mampu mengisi daya menjadi lebih cepat.

Bahkan penggunaan baterai juga menjadi jauh lebih lama serta mempunyai kepadatan daya yang lebih tinggi. Dengan begini maka penggunaan baterai iPhone bisa dipakai lebih lama. Selain itu juga kemasan baterai akan lebih ringan.

Dengan menggunakan pengisian daya cepat hingga mencapai kapasitas 80 persen lalu beralih ke pengisian daya lambat. Adapun untuk mencapai 80 persen pertama masih bervariasi tergantung dari pengaturan dan perangkat yang dayanya diisi.

Software mungkin akan membatasi pengisian di atas 80 persen ketika temperatur dari baterai melewati batas yang sudah direkomendasikan. Proses dari gabungan ini tak cuma memudahkan kamu kembali aktif sesegera mungkin, tetapi juga bisa memperpanjang usia baterai.

Pengisian baterai iPhone 80 persen
Pengisian baterai iPhone 80 persen

Cara Memaksimalkan Kinerja Baterai

Battery Life adalah jumlah waktu yang digunakan perangkat sebelum perlu diisi ulang kembali. Sedangkan Battery Lifespan adalah jumlah waktu baterai bertahan hingga perlu diganti.

Salah satu faktor yang mempengaruhi masa pakai baterai adalah kombinasi tentang hal-hal yang kamu lakukan dengan perangkat iPhone. Biasanya masa kerja baterai bisa awet saat kamu melakukan pengisian daya dengan baik dan adanya perawatan secara berkala.

Cara untuk memaksimalkan kinerja baterai yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiarkan iPhone terisi setengah ketika disimpan untuk jangka waktu yang lama. Hindari mengisi daya (charging) di tempat yang panas.

Kamu juga harus menjaga dan menyimpan iPhone di tempat yang sejuk, tidak boleh berada di paparan sinar matahari secara langsung. Apalagi untuk jangka waktu yang lama.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang baterai iPhone, bisa kunjungi link berikut ini:

iPhone Support | Repair

Itulah tadi sejumlah informasi tentang bagaimana cek kesehatan baterai handphone hingga bagaimana cara memaksimalkan kinerjanya. Semoga artikel idcode.id ini bisa bermanfaat bagi kalian. (idcode.id/atta)

Leave a Comment